Belajar Toefl

Saya menulis artikel ini bukannya saya lebih pinter bahasa inggris tapi saya cuma ingin berbagi ilmu saja, mari kita belajar bersama-sama. selain materi toefl terdapat pula software untuk berlatih toefl, silakan download melalui download link di bawah, dan semuanya gratis.






Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.

Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
  • listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.
Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).

Sejak tahun 1998, tes TOEFL ini diadakan secara online dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual menggunakan kertas dan potlot (paper-based test atau PBT). Informasi lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL, http://www.toefl.org (hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120) [1].

Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar.

Jenis tes TOEFL yang lain adalah TSEP (Test of Spoken English Program) yang mirip dengan bagian individual interview pada tes IELTS. Tes ini biasanya dipakai kalau kita ingin mendaftar sebagai asisten dosen atau asisten laboratorium (sebagai salah satu cara untuk meringankan biaya kuliah) di universias di AS (atau negara lain). Bentuk tesnya diadakan secara lisan dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Waktu penyelenggaraan dan batas akhir pendaftarannya sama dengan tes TOEFL yang lain, dan biayanya kira-kira sebesar US$100.

Bagi mereka yang ingin mengikuti tes TOEFL ini, alamat dari penyelenggara tes adalah:

TOEFL Test Office
P.O. Box 6000, 
Princeton, 
New Jersey 08541-6000, U.S.A.  

Di Indonesia, tes ini diselenggarakan biasanya 5 kali dalam satu tahun oleh IIEF (Indonesian International Education Foundation), http://www.iief.or.id/ yang mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia dengan biaya sekitar US$110.
(wikipedia.org)


Silakan pelajari e-book dan software dibawah ini,

Longman-Deborah Phillips

Sebuah buku yang telah dikonversi ke dalam bentuk pdf ini terdiri dari materi dan soal latihan toefl serta dilampiri juga kunci jawabannya. Situs resminya



Master Toefl-Thomson Peterson's 

e-book ini terdiri dari 3 bagian yaitu reading, vocabulary, dan writing. Kesemuanya terpisah dalam bentuk pdf. situs resminya www.petersons.com





Software Toefl Barron's

Software yang digunakan untuk latihan tes toefl seperti yang sesungguhnya dan terdiri dari  tutorial, tes, serta pembahasannya. Situs resminya www.barronseduc.com






Harap laporkan atau komen jika ada link yang rusak
salam clicker...






Share on Google Plus

About pustakaclicker

Pustakaclicker adalah web berbagi ilmu terutama perpajakan serta segala macam tutorial. Semua yang saya tulis adalah pendapat pribadi saya jika tidak disertai sumber dan tidak ada hubungannya dengan institusi.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar :

Sony Ismawardana said...

http://www.4shared.com/document/gKDSYomM/longman-Deborah_Philips.html link itu mati k...
ka,punya materi TOEFL(bhs Indonesianya) wat persiapan USM STAN jga k...

pustakaclicker said...

klo mau bisa q kirim email, tp mungkin agak lama he..., klo yg bahasa indonesianya q ga punya yg softcopy tp hardcopy(ga ori tp kw he...), judul bukunya 99,9% sukses toefl, digramedia jga da (80-90rb),

Blogger 2012 said...

Saya suka ini. Tapi sayang link yang ini sudah dihapus gan http://www.4shared.com/document/gKDSYomM/longman-Deborah_Philips.html
jadi gak bisa donlot. Salam kenal dan terimakasih telah berkunjung ke Blogger 2012 :)

pustakaclicker said...

iya gan, dah lama ga da yg donlot kayana dah broken, salam kenal juga gan:) sama-sama ya gan!

NIDLOM SERAH said...

Nitip lapak gan barangkali bermanfaat untuk semua !!! disana tersedia ratusan materi TOEFL lengkap dengan software gratis!!!! tinggal download aja !!!
Copy paste link ini di browser agan-agan semua dan dapatkan rahasia TOEFL yang telah terbongkar!!!

http://nilaiserah.blogspot.com/search/label/TOEFL%20SECRET

pustakaclicker said...

Wah mantabp blognya si agan nih, belajar TOEFL bisa jadi lebih gampang ya gan:) smoga bermanfaat:)

sintaa kartikaa said...

Mw tanya nii,,cara downloadnya gimana yaa?? Saya udah coba tapi gk bsa.. Lgi btuh ni.. Mhon jwbannya yaa..

Febryan AP said...

Bisa minta 99,99% sukses toeflnya ya? via email yaa? :)) Thanks gan pustakaclicker. email : febryanap355@gmail.com