Panen Lele

Panen lele jangan dibayangkan terlalu besar, karena emang gak kaya panen raya he..., Alhmdllh... tadi siang tetangga sebelah rumah punya kolam lele dan sudah waktunya untuk dipanen, yah mau gak mau harus kebagian lelenya haha... Kolamnya kecil dan cuma satu lagi, tapi kalau dilihat hasilnya yang dapat 2 bak besar, luar biasa:p Ayo kita cari tahu tentang ikan kumisan yang satu ini.

Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ada sekitar 55–60 spesies anggota marga Clarias. Dari jumlah itu, di Asia Tenggara kini diketahui sekitar 20 spesies lele, kebanyakan di antaranya baru dikenali dan dideskripsi dalam 10 tahun terakhir.

Lele, secara ilmiah, terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatra Barat), ikan maut (Gayo dan Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia).

Ikan-ikan marga Clarias dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernafasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tidak hanya tajam tapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut. http://id.wikipedia.org


Nah ni dia foto-foto pas tadi siang, ni pas nguras kolam dan ngambilin ikan lelenya,






Terlihat dari foto-foto diatas sang empunya sedang mengambil lele-lelenya untuk dipisahkan buat tetangganya he... Alhmdllh yah, sesuatu:p Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan, dengan tingkat kematian yang kecil, ikan ini dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan, harganya Rp15.000,- per kilo, menurut sumber terpercaya(yang empunya:) dan modalnyapun relatif kecil. Kolam sekecil itu dapat menghasilkan 2 bak besar (liat bak merah dan item), mantabp kan!!!


Nah klo yang ini masak dan makan-makannya, monggo dinikmati :p





Ternyata ada yang punya blog (foto diatas yang paling ganteng:D he..., dari tadi mfotoin mulu, jadi pengen nongol juga donk:p








kumpul2 yang disawah, yang lagi jemur kacang, yang lagi bangun rumah, ayo makan smuanya :) indahnya kebersamaan.

Panen lelenya udah dulu ya, smoga bermanfaat:)



salam clicker...
By: Galih T.Y.






Share on Google Plus

About pustakaclicker

Pustakaclicker adalah web berbagi ilmu terutama perpajakan serta segala macam tutorial. Semua yang saya tulis adalah pendapat pribadi saya jika tidak disertai sumber dan tidak ada hubungannya dengan institusi.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :