RSS2.0

Penurunan Nilai Aset (Impairment)

Monday, March 19, 2012


Impairment secara singkat merupakan penurunan nilai aset (umumnya dilakukan uji impairment pada tahun selain revaluasi). Fokus pembahasan impairment di sini adalah menurut versi IFRS, bagian FASB hanya dijelaskan mengenai aturan singkatnya.
Berikut aturan mengenai impairment pada FASB:
Pada prinsipnya, setiap asset yang diperoleh diasumsikan akan menghasilkan cash inflow di masa datang sebagai kompensasi atas cash outflow untuk memperolehnya sehingga ketika asset tersebut dinilai tidak lagi memenuhi hal ini, maka dilakukan pengakuan suatu impairment (kerugian/kegagalan). Namun, keputusan untuk melakukan impairment bukan sesuatu yang sederhana. Pedoman yang harus diperhatikan antara lain (SFAS 121):
1. Kapan seharusnya melakukan penilaian untuk kemungkinan impairment; saat ada perubahan yang material dalam penggunaan aset atau lingkungan bisnis, atau ada informasi nilai pasar aset turun.
2. Kapan melakukan impairment; saat estimasi undiscounted future cash flow lebih rendah dari BV aset (termasuk goodwill). Namun, sebenarnya syarat ini sangat longgar karena FCF belum di-PV-kan, padahal BV saja sudah bisa dikatakan rugi. .
3. Bagaimana mengukur kerugian; dari selisih BV dengan fair value. Kerugian impairment pertama kali digunakan untuk mengurangi goodwil terkait perolehan aset itu.
4. Informasi yang harus diungkap; deskripsi aset yang impaired, alasan, asumsi pengukuran kerugian dan segmen bisnis yang terpengaruh.


Pada IFRS terdapat beberapa indikasi terdapat Impairment yang terdiri dari faktor eksternal dan faktor intern.
1. Faktor eksternal
• Nilai pasar aset turun secara significant melebihi penurunan akibat depresiasi/amortisasi  
• Perubahan memburuk yang significant dalam hal teknologi, pasar, ekonomi atau hukum tempat entitas  beroperasi, atau dalam pasar produk atau jasa yang dihasilkan oleh aset tersebut  
• Suku bunga pasar atau tingkat imbalan pasar meningkat sehingga akan mempengaruhi discount factor yang digunakan untuk menghitung nilai aset yang diperoleh kembali secara material
2. Faktor internal  
• Ada bukti keusangan/ kerusakan fisik aset  
• Telah terjadi atau akan terjadi dalam waktu dekat perubahan significant yang bersifat merugikan sehubungan dengan cara penggunaan aset  
• Terdapat bukti dari pelaporan internal yang menunjukkan bahwa kinerja ekonomi aset tidak memenuhi  
harapan atau akan lebih buruk dari yg diharapkan, dan  
• Untuk aset yang akhir tahun sebelumnya disajikan at value in use: actual cashflow < estimated cashflow (before discounted).
Jika terjadi indikasi maka harus dibandingkan antara Carrying Value Aset (book value aset) dengan Recoverable amount / cash generating unit. Recoverable amount / cash generating unit adalah nilai tertinggi antara nilai wajar minus biaya menjual (NRV atau fair value less costs to sell) dan nilai guna aset (value in use).
• Value in use : PV diskontoan dari arus kas mendatang yang timbul dari aset atau cash generating unit.
• Cash generating unit: kelompok terkecil dari aset yang diidentifikasi menghasilkan arus kas secara independen dari aset lainnya.
• Fair value less costs to sell (NRV): jumlah diperoleh dari penjualan aset/cash generating unit, dalam suatu transaksi bebas oleh pihak-pihak yang menginginkan, dikurangi biaya penjualan.
lmpairment loss :jumlah nilai terbawa dari Carrying value > Recoverable Amount
Apabila aset menggunakan metode revaluasi, maka untuk melakukan impairment, digunakan saldo revaluation surplus/reserve untuk menggantikan impairment loss.

Contoh untuk IFRS: 
Mulan co. membeli gedung 5 tahun silam $600,000 usia 20 tahun, depresiasi garis lurus. BV gedung $450,000. Value in use aset untuk 15 tahun mendatang adalah $237,950 dan NRV aset saat ini adalah $220,000.  
Recoverable Amount yang digunakan adalah yang lebih tinggi antara value in use dan NRV.
Maka Carrying Value > Recoverable Amount = $450,000 > $237,950
Accum. Dep. - Building (30,000 x 5th)              $150,000
Loss on Impairment ($450,000-237,950)          $212,050
                    Building ($600,000 - 237,950)                     $362,050
*Terdapat jurnal alternatifnya  
Loss on impairment            $212,050
                  Building                           $212,050
atau
Loss on Impairment           $212,050  
                  Accum. Depr.-Building    $212,050  


Sumber: Modul Siap UKS PSAK STAN 2011

salam clicker...



0 comments: