Kapitalisasi Bunga


• Biaya pinjaman (borrowing cost) adalah biaya bunga dan biaya lain yang ditanggung entitas sehubungan dengan peminjaman dana.
• Aset kualifikasian (aset yang memerlukan waktu yang cukup lama agar siap digunakan atau dijual sesuai dengan maksudnya) umumnya membutuhkan kapitalisasi bunga jika perolehannya dengan menggunakan peminjaman dana.  
• Biaya pinjaman yang dapat diatribusikan secara langsung dengan perolehan, konstruksi, atau pembuatan  
aset kualifikaslan dikapitalisasi sebagai bagian dari biaya perolehan aset tersebut. Biaya pinjaman lainnya  diakui sebagai beban pada perlode terjadinya.
• Metode Kapitalisasi menggunakan rata-rata tertimbang (WAAE) atau avoidable interest (sama dengan FASB)
• Kapitalisasi dimulai sejak terpenuhi semua kondisi: terjadi pengeluaran kas, terjadi biaya pinjaman, dan setelah melakukan aktivitas yang diperlukan untuk mempersiapkan aset agar dapat digunakan atau sesuai dengan maksudnya.    
• Tingkat bunga yang digunakan adalah tingkat bunga pinjaman yang dikhususkan untuk pembuatan asset    
atau pun bunga pinjaman lainnya.    
• Dana yang berasal dari pinjaman khusus untuk pembuatan asset dianggap sebagai dana yang pertama dikeluarkan untuk pembuatan asset tersebut sehingga bunganya harus dikapitalisasi lebih dahulu.
• Pada IFRS, jika terdapat dana khusus yang dipinjam dalam rangka pembuatan aset kualifikasian, dan dana  tersebut diinvestasikan sehingga menghasilkan income, maka income tersebut akan mengurangi kapitalisasi bunga dari periode saat investasi tersebut.
• Penghentian kapitalisasi secara sementara dapat dilakukan selama periode yang diperpanjang di mana pengembangan aktif atas aset kualifikasian juga dihentikan.
• Penghentian kapitalisasi secara penuh dapat dilakukan saat selesainya secara substansial seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempersiapkan aset kualitikasian agar dapat digunakan atau dijual sesuai dengan maksudnya atau penghentian kapitalisasi secara parsial ketika aset diselesaikan per bagian dan setiap bagiannya dapat digunakan selama berlangsungnya konstruksi bagian lain.

Note: Pada kapitalisasi bunga, perbedaan antara FASB dan IFRS hanya terdapat pada bagian yang ditebalkan. Secara umum, perhitungan kapltalisasi bunga antara FASB dan IFRS tidak berbeda.

Sumber: Modul Siap UKS PSAK STAN 2011

salam clicker...



Share on Google Plus

About pustakaclicker

Pustakaclicker adalah web berbagi ilmu terutama perpajakan serta segala macam tutorial. Semua yang saya tulis adalah pendapat pribadi saya jika tidak disertai sumber dan tidak ada hubungannya dengan institusi.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :