Seperti postingan sebelumnya dalam Audit Berbasis Komputer - Rumus-rumus pokok Ms. Excel, Ms. Excel dapat digunakan dalam membantu kita untuk mengaudit laporan keuangan, postingan kali ini akan membahas lebih lanjut tentang fungsi-fungsi Ms. Excel tersebut. Ayoook kita belajar lagi :)
Fungsi =LEFT
=LEFT(text;number_chars)
LEFT : Mengambil dan menampilkan karakter teks tertentu dari sisi paling kiri teks
Fungsi =MID
=MID(text;start_num;number_chars)
MID : Mengambil dan menampilkan karakter teks tertentu dari pertengahan teks
Fungsi =RIGHT
=RIGHT(text;number_chars)
RIGHT : Mengambil dan menampilkan karakter teks tertentu dari sisi paling kanan teks
Fungsi =if()
=if(test-condition-1, bila benar-1, if (test-condition-2, bila benar-2, bila salah-2/1))
=if(test-condition-1, if (test-condition-2, bila benar-2, bila salah-2), bila salah-1)
Mentest suatu kondisi, lalu bila hasilnya benar dimunculkan pada parameter kedua, bila salah munculkan hasil pada parameter ketiga
Fungsi =or()
=or(test-condition-1, test-condition-2)
Hasilnya TRUE atau FALSE
Fungsi =and()
=and(test-condition-1, test-condition-2)
Hasilnya TRUE atau FALSE
Fungsi =mode()
=Mode(a;b)
Mode digunakan untuk melihat apakah ada data yang sama yang menurut ketentuan tidak boleh sama (no faktur ; no debitur dsb). Mode hanya mengenali angka saja, sehingga sel yang berisi karakter tidak dihitung.
Fungsi Subtotals
Untuk mengatasi kelemahan fungsi Mode, digunakan fungsi subtotals. Fungsi ini dapat mengenali field karakter, selain juga numerik. Tetapi untuk menggunakan fungsi ini data harus di sorting terlebih dahulu (ascending atau descending).
Fungsi Dependents dan Precedents
Trace dependents untuk mengetahui apakah suatu sel aktif terkait dengan sel lainnya
Trace precedents untuk mengetahui sel aktif tersebut berasal dan dari data mana saja
Fungsi Filter
Fungsi filter digunakan untuk melakukan pengujian ketaatan dan pengujian substantif. Hal ini dapat dilakukan karena fitur ini mencakup 12 pilihan yang dapat dimanipulasi auditor untuk memenuhi baik tujuan pengujian ketaatan maupun pengujian substantif
Pivot Table
Adalah tabel khusus yang dipakai untuk menganalisa database. Pivot table dapat diletakkan pada worksheet lain, sehingga tidak mengganggu isi dan tampilan database yang dianalisa. Hasil analisa Pivot table akan menjadikan baris-baris sel dalam suatu kolom, menjadi kolom-kolom (judul kolom) dan akan diisi dengan hitungan analisa yang digunakan.
Message jika terdapat kesalahan fungsi
#DIV/0! = Rumus tersebut dibagi 0 (nol) atau sel kosong
#NA = Ada kemungkinan salah satu argumen tidak ditulis
#NAME? = Teks tidak dikenal oleh EXCEL
#REF = Alamat sel yang dijadikan referansi terhapus
#VALUE = Anda seharusnya memasukkan argumen bertipe teks, tetapi yang dimasukkan berupa numerik atau yang lainnya
Semoga bermanfaat :)
salam clicker...
0 komentar :
Post a Comment